Surabaya, perpustakaan.pens.ac.id – UPT Perpustakaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menyelenggarakan Program Pengabdian Masyarakat dalam bentuk kegiatan storytelling dengan tema “Internet Positif bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berlokasi di Kecamatan Mulyorejo”. Sasaran dari kegiatan tersebut adalah anak-anak usia sekolah dasar di tiga TBM Mulyorejo (TBM RW 4 Kejawan Putih Tambak, TBM Kelurahan Kejawan Putih Tambak, dan TBM RW 6 Sutorejo) serta para petugas pengelola TBM dan masyarakat sekitar yang ada di lingkungan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 

Program pengabdian masyarakat diawali dengan pengenalan tentang sejarah, visi misi, program studi yang tersedia hingga prestasi yang diraih oleh PENS, dilanjutkan dengan pengenalan manajemen, layanan, koleksi, dan kerjasama yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan PENS. Acara dilanjutkan dengan kegiatan menonton video edukasi  tentang internet positif disertai sosialisasi cara bijak menggunakan internet oleh Ibu Ira Prasetyaningrum, S.Si., M.T selaku Kepala Perpustakaan PENS. 

Puncak acaranya adalah kegiatan edukasi storytelling menggunakan alat peraga boneka tangan binatang yang dilakukan oleh para pustakawan dengan mengajak sejumlah mahasiswa PENS. Dongeng fabel tentang dampak negatif penyalahgunaan penggunaan facebook tanpa pengawasan orang tua dipilih karena disesuaikan dengan isu krusial terkini, serta penyajian yang interaktif dimaksudkan untuk mengajak anak-anak agar lebih berhati-hati dalam menggunakan internet, khususnya media sosial.