Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berdiri 15 Maret 1988 merupakan pendidikan vokasi yang pada waktu itu masih bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi (PET) dibawah naungan Fakultas Non Gelar Teknik (FNGT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Gedung dan fasilitas didalamnya termasuk diantaranya Ruang Perpustakaan yang cukup megah lengkap dengan fasilitas pendukungnya yaitu mebeler dan koleksi baru yang merupakan hibah dari pemerintah Jepang, melalui Japan International Cooperation Agency (JICA)

Pada awal beroperasi Perpustakaan memiliki koleksi sebanyak 450 judul buku teknik berbahasa Inggris, ada beberapa koleksi buku ensiklopedia dan budaya berbahasa jepang. Pada tahun 1989 – 1991 Perpustakaan dipimpin oleh Ir. Elly Purwanti, M.Kom, tahun 1991 – 1994 dipimpimpin oleh Elizabeth A. Amalo, Md.L, Ph.D., kemudian pada tahun 1994 – 1997 dikepalai oleh Drs. Irianto, M.T.,  tahun 1997 – 2002  dipimpin oleh Dra. Endang Merdekawati, selanjutnya pada tahun 2003 – 2004 dipimpin oleh Achmad Bilal Hamdani, S.Sos, Lalu pada tahun 2005 – 2010 dipimpin oleh Ir. Zainal Muludi, M.T., kemudian pada tahun 2010 – 2012 dipimpin oleh Isbat Uzzin Nadhori, S.Kom, M.T., pada tahun 2012 – 2013 dipimpin oleh Wiratmoko Yuwono, S.T., M.T., Lalu pada tahun 2013 – 2016 dipimpin oleh Akuwan Saleh, S.ST., M.T., mulai tahun 2016 sampai sekarang dipimpin oleh Ira Prasetyaningrum, S.Si, M.T.

Pada tahun 2004 perpustakaan menempati gedung baru Sarjana Terapan, sebagai perpustakaan   ke-2 dengan nama perpustakaan Sarjana Terapan, dan perpustakaan yang lama tetap beroperasi dengan nama perpustakaan D3. Seiring diresmikannya gedung pascasarja yang baru, disediakan pula ruang perpustakaan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar di lingkup mahasiswa pascarjana.

Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, relevan, efisien dan efektif, maka perpustakaan memerlukan supporting system dari pihak manajemen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dengan menjalin kerjasama dan program pengembangan lainnya, diantaranya dengan pihak Jurusan dan Program Studi dalam hal pengadaan bahan pustaka tahunan, buku ajar dan pendistribusian buku ajar yang dilakukan setiap 1 semester sekali. Dalam rangka pengembangan  tata kelola data, perpustakaa bekerjasama pihak Electronic Data Processing (EDP).  Untuk peningkatan sumber daya talah dilakukan pelatihan penulisan karya ilmiah dengan kerjasama pihak Pusat Penelitian dan  Pengabdian Masyarakat. Perpustakaan PENS juga menjalin kerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), dan Perpustakaan Nasional.

UPT Perpustakaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, terpilih menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terbaik kategori Layanan JOSS yang diselenggarakan oleh Unit Penjaminan Mutu (PJM) PENS. Perolehan layanan JOSS tersebut membuat UPT perpustakaan PENS menjadi juara bertahan selama tiga tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2016, 2017 dan tahun 2018.

 

 

Statistik Pengunjung

020187
Users Today : 7
Total Users : 20187
Views Today : 8
Total views : 36027
Who's Online : 1
SOCIAL MEDIA
Facebook

Twitter

Instagram

Youtube

LINK
Upload Tugas Akhir

E-book

Jurnal Online

CONTACT